Ad Code

Responsive Advertisement

Belajar Menyenangkan dengan Phet

PhET merupakan salah satu softwere pendidikan yang berisi simulasi suatu gejala atau fenomena fisis yang sesuai dengan perkembangan teknologi pembelajaran. PhET dikembangkan oleh Universitas Colorado di Boulder Amerika (University of Colorado at Boulder) dalam rangka menyediakan simulasi pengajaran dan pembelajaran Fisika berbasis laboratorium maya (virtual laboratory) yang memudahkan guru dan siswa jika digunakan untuk pembelajaran di ruang kelas. Simulasi PhET sangat mudah untuk digunakan. Simulasi ini ditulis dalam Java dan Flash dan dapat dijalankan dengan menggunakan web browser baku selama plug-in Flash dan Java sudah terpasang. Dengan kata lain, simulasi-simulasi PhET merupakan simulasi yang ramah pengguna.
Untuk menginstal PhET di komputer memang cukup besar memakan ruang di hardisk. Tapi jangan khawatir, tersedia juga lho versi onlinennya. Jadi kita tidak perlu menginstall, hanya dengan koneksi internet kita dapat belajar Fisika secara asyik dan gampang.
Untuk mengaksesnya, cukup klik di link berikut: PhET
Berikut beberapa tampilan dari PhET yang sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran Fisika.
Listrik

Ayunan Sederhana Pendulum

Gerak Parabola

Selain simulasi di atas masih banyak simulasi lain dan tidak hanya Fisika. Ada juga simulasi matematika, biologi, maupun kimia.
Selamat mencoba dan selamat belajar.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar