Ad Code

Responsive Advertisement

Mengapa Warna Merah Menjadi Warna Standar Lampu Belakang ?

Pernahkah kita mengamati dengan seksama apa warna yang digunakan untuk lampu belakang sepeda motor?? Ya, tentu saja kita tidak terlalu sulit menjawab pertanyaan ini. MERAH.... Warna merah ini yang digunakan oleh desainer sepeda motor sebagai default warna untuk lampu belakang. Lalu pertanyaannya kenapa digunakan warna merah?/Bukan biru, hijau, ungu, atau kuning??
Alasan digunakannya warna merah adalah karena warna merah adalah warna dari spektrum cahaya tampak yang memiliki panjang gelombang paling besar. Lalu apa kaitannya dengan lampu sepeda motor??
Jelas saja, kaitannya adalah untuk safety(keamanan). Saya akan coba jelaskan secara sederhana :
Warna merah adalah salah satu dari sekian warna dari spektrum cahaya tampak dengan panjang gelombang (baca:Lambda) terbesar, artinya warna ini memiliki jangkauan jarak yang paling jauh dibandingkan warna-warna lainnya.Saat kita mengendarai motor di daerah berkabut atau berdebu misalnya, warna merah tetap terlihat sebab dengan panjang gelombang yang besar efek dari pembiasan cahaya oleh zat pengotor di udara seperti kabut atau debu tadi tidak begitu signifikan. Ini memberi indikator pengendara lain dibelakang kita bahwa di depan ada sepeda motor kita, jadi kita aman untuk tidak tertabrak dari belakang. Jadi, jangan sekali-kali mencoba untuk mengganti lampu sepeda motor dengan warna lain. Hal tersebut justru akan membahayakan keselamatan kita dalam berkendara...
Reactions

Posting Komentar

2 Komentar