Ad Code

Responsive Advertisement

Gaya Gesek (Friction)

Gaya gesek atau friction merupakan gaya yang terjadi  jika permukaan dua benda bersentuhan. Gaya gesek bekerja sejajar dengan arah gerak benda dan berlawanan dengan arah gerak benda.

Gaya gesek yang bekerja pada suatu benda suatu benda dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu gaya gesek statis dan gaya gesek kinetis.

A. GAYA GESEK STATIS

Gaya gesek statis terjadi saat benda dalam keadaan diam atau tepat akan bergerak. Gaya gesek statis maksimum dirumuskan sebagai:

 .................................... (1)

Keterangan:

fs max  = Gaya Gesek Statis Maksimum
μs     = Koefisien gesek statis
N       = Gaya Normal

INGAT!!!
Persamaan (1) di atas menyatakan gaya gesek statis maksimum yang bekerja saat benda tepat akan bergerak. Syarat benda dapat bergerak adalah jika gaya penggerak bernilai lebih besar dari gaya gesek statis maksimumJika benda belum bergerak, maka gaya gesek statis yang bekerja pada benda adalah sama dengan gaya penggerak. Perhatikan contoh berikut:












Gambar di atas menunjukkan balok yang terletak di atas permukaan kasar dengan koefisien gesekan statis 0,4. Jadi nilai gaya gesek statis maksimumnya adalah : 

fs max  μN = 8 Newton.

  • Misalkan gaya penggerak yang bekerja adalah 5 Newton (benda masih diam) maka gaya gesek statis yang bekerja adalah 5 Newton.
  • Misalkan gaya penggerak yang bekerja adalah 6 Newton (benda masih diam) maka gaya gesek statis yang bekerja juga 6 Newton
  • Misalkan gaya penggerak yang bekerja adalah 7 Newton (benda masih diam) maka gaya gesek statis yang bekerja juga 7 Newton.
  • Misalkan gaya penggerak yang bekerja adalah 8 Newton (benda tepat akan bergerak) maka gaya gesek statis yang bekerja adalah 8 Newton dan ini merupakan gaya gesek statis maksimum.  Jika gaya penggerak yang bekerja lebih besar dari 8 N maka benda akan bergerak sehingga gaya gesek yang bekerja bukanlah gaya gesek statis lagi, melainkan gaya gesek kinetis yang akan kita bahas selanjutnya.

B. GAYA GESEK KINETIS
Gaya gesek kinetik terjadi saat benda dalam keadaan bergerak. Gaya gesek kinetis dirumuskan sebagai:


 .................................... (2)

Keterangan:

fk          = Gaya Gesek Statis Maksimum
μk     = Koefisien gesek kinetis
N       = Gaya Normal

Nilai koefisien gesek kinetis selalu lebih kecil dari nilai koefisien gesek statis.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai gaya gesek. Mudah-mudahan membantu dalam mempelajari materi Fisika.

Selamat Belajar
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar